Pesan Figo untuk Okto


Jakarta - Okto Maniani disebut-sebut layak bermain di Eropa. Jika tawaran itu benar datang, Luis Figo mengingatkan Okto kalau skill mumpuni saja tak akan cukup untuk bisa bersaing di kompetisi level atas Benua Biru.

Usai tampil gemilang di Piala AFF 2010, Okto masuk dalam daftar 10 pemain Asia yang dianggap layak merumput di kompetisi Eropa. Penilaian tersebut dibuat oleh seorang kolumnis di situs Soccernet.

Peluang Okto merumput di kompetisi Eropa mungkin belum akan terwujud dalam waktu dekat karena hingga kini tak ada klub Eropa yang secara resmi menyatakan ketertarikannya. Meski begitu, jika nanti benar-benar ada tawaran yang datang, pesepakbola 20 tahun itu disarankan tidak melewatkan kesempatan emas yang datang.

Demikian diungkapkan Luis Figo dalam konferensi pers launcing Dua Kelinci sebagai official sponsor Real Madrid di Lapangan Plaza Arena, Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

"Jika ada kesempatan datang ambil. (Usia) 20 tahun adalah awal dari karir, meski itu bukan titik start dan jelas bukan akhir," sahut Figo saat diminta pendapatnya soal kemungkinan pemain Indonesia mentas di Eropa.

Namun mantan Pemain Terbaik Eropa tahun 2000 dan Pemain Terbaik Dunia 2001 itu mengingatkan akan ada banyak hal yang harus disiapkan Okto, atau siapapun, yang berniat mencicipi kompetisi Eropa.

Bukan sekadar skill mumpuni yang dibutuhkan untuk bisa berada di sana. Pemain disebutnya harus punya kepribadian yang kuat.

"Banyak persiapan yang hatus dilakukan. Anda harus benar-benar kuat, itu tak akan mudah. Bulan-bulan pertama di Eropa tak akan mudah. Anda juga harus punya kepribadian yang kuat, tak cuma kualitas skill saja," lanjut Figo.

Sumber:Detikcom

2 komentar:

fahmee mengatakan...

maju terus indonesia

paperlifes mengatakan...

pANTANG MUNDUR

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...